Dandim 0117/Atam Pimpin Apel Gelar Kesiapan Personil Penanganan Karhutla Di kabupaten Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG,MEDIA CENTER DIM 0117/ATAM- komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita pimpin langsung Apel Gelar Kesiapan Personil, Peralatan dan Simulasi Penanganan Karhutla di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2021 bertempat di lapangan upacara belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang Desa. Bundar, Kecamatan. Karang Baru, Kabupaten. Aceh Tamiang. Rabu (10/03/2021).

Letkol. Cpn Yusuf Adi Puruhita (Dandim) Dalam amanatnya menyampaikan Apel kesiapsiagaan ini, dilaksanakan dalam rangka mengawali kesiapan pelaksanaan, cara bertindak dalam penanganan karhutla, menindaklanjuti program prioritas tentang pemantapan kinerja harkamtibmas, dan bergabung dengan satgas tanggap bencana lainnya, serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan penanganan karhutla di wilayah kita dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Kami yakin dampak karhutla yang terjadi setiap tahun ini telah dirasakan langsung, maka inilah kesempatan bagi semua elemen terkait untuk melayani masyarakat secara nyata dengan menunjukkan kesiapsiagaan dan keseriusan dalam menangani karhutla, marilah kita optimalisasi pencegahan karhutla dengan melibatkan seluruh pihak baik Pemerintah maupun Swasta dan masyarakat, agar meningkatkan kepedulian dan keterpanggilan dalam penanganan karhutla di wilayah kita ini.

Guna menyikapi permasalahan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Bersama TNI dan Polri khususnya, telah melakukan berbagai upaya untuk memudahkan penanganan karhutla secara cepat, tanggap dan tepat sasaran dengan menggunakan sistem aplikasi LANCANG KUNING / SIPONGI  KLHK yang dapat mendeteksi titik api di Daerah masing-masing, sehingga cepat dan mudah untuk melakukan penanganan, baik sosialisasi, himbauan, pemadaman dan penegakan hukum.

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia pada umumnya, hampir terjadi di seluruh Provinsi dengan menimbulkan dampak kerugian yang tidak sedikit, baik material maupun immaterial yang meliputi kerugian ekonomi, ancaman kesehatan bagi masyarakat dan juga ancaman lainnya. Secara umum karhutla dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor manusia baik secara disengaja atau tidak, serta faktor alam yang disebabkan oleh kemarau berkepanjangan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pendekatan secara bertahap agar masyarakat dapat memahami dan menyadari bahwa begitu pentingnya kelestarian hutan, dengan memberdayakan seluruh stakeholder terkait, agar dapat diambil langkah- langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan penanganan karhutla secara efektif, oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar Instansi Pemerintah, TNI dan Polri, pihak perusahaan dan masyarakat agar bertanggungjawab dalam membina dan menanggulangi karhutla, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Hadir diantaranya Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH,M.Kn.,Dandim 0117/Atam Letkol. Cpn Yusuf Adi Puruhita, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, S.I.K.,Ketua DPRK Kab. Aceh Tamiang  Suprianto, ST., Plt. Sekertaris Daerah Kab. Aceh Tamiang Drs. Abdullah., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Aceh Tamiang Sahri, SP., Ketua MPU Aceh Tamiang  Syahrizal Darwis, MA., Ketua Pengadilan Negeri Kualasimpang diwakili oleh Hakim Junaidi, SH., Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang diwakili Kasi Intel Kajari Atam Wahyu Heri Purnama,SH, M.H., Para Kepala SKPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang,Dansudenpom 1-6/IM Aceh Tamiang  Kapten CPM MulyadiPar3, Danramil jajaran Kodim 0117/Atam,PKapolsek jajaran Polres Aceh Tamiang, Dankisus Yonif 111/RK Lettu Inf Yudha Setia Putranto,Para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Para peserta apel gelar pasukan dalam rangka pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Kab. Aceh Tamiang.

PENULIS: Pendim0117atam.

Komentar

 
banner