Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Ikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Di Kabupaten Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG,MEDIA CENTER DIM 0117/ATAM- Komandan kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi S.I.P.M.si., yang di wakili Danramil 02/Karang Baru Kapten Inf Sri Indarjo laksanakan Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-94 tahun 2022 di Kabupaten Aceh Tamiang dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa" bertindak sebagai Pembina Upacara Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, Sik., dan bertindak sebagai pemimpin upacara Danramil 01/Kuala Simpang Kapten Inf Matno S.E bertempat di Lapangan upacara belakang kantor Bupati Aceh Tamiang Jln Ir. H. Juanda, Desa Bundar, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang. Jumat (28/10/2022) pagi.

Amanat Menteri Pemuda dan olahraga yang di bacakan Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, Sik., Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. 

Saudara-saudara sekalian, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. 

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi S.I.P.M.si., yang di wakili oleh Kapten Inf Sri Indarjo mengatakan Pemuda sebagai agen perubahan (agen of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Sri Indarjo mengatakan Momentum-momentum bersejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia tersebut bisa dicapai dengan modal persatuan para pemuda di tengah berbagai keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan Ke depan, tantangan bagi bangsa Indonesia Khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan," ungkapnya.

Kapten Inf Sri Indarjo berharap pemuda Indonesia memiliki semangat tinggi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia kedepan. dan Saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan,” tandasnya.

PENULIS:Pendim0117atam

Komentar

 
banner